Rabu, 20 November 2013

NEW MEDIA

Definisi New Media

           
New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru, dan Media yang berarti  perantara. pengertian secara umumnya, Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kep ada penerima informasi. Yang artinya New Media secara bahasa dapat berarti “perantara baru”. Baru dalam arti disini dilihat dari segi waktu, manfaat, produksi, dan distribusinya. istilah yang dimaksudkan  untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir  abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai media baru adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Secara sederhana media baru adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum dan lain-lain yang menggunakan komputer sebagai medianya.


Manfaat New Media
Memudahkan seseorang untuk memperoleh suatu hal yang ia inginkan. Jadi media bisa dibilang untuk memerantarai orang mendapatkan suatu hal yg ia inginkan dengan mudah. Jadi New Media atau Media Baru bisa diartikan dengan sesuatu yang menjadi perantara untuk seseorang mendapatkan informasi dari sumbernya tetapi perantara ini masih dibilang baru. Internet bisa dibilang akan menjadi media untuk mendapatkan informasi di masa mendatang atau Media Baru. Karena saat ini internet sudah bisa di akses dengan mudah serta tidak mahal bahkan bisa di akses melalui ponsel(yang mendukung untuk internet).
Beberapa manfaat New Media diantaranya :
  • Arus informasi yang terupdate maupun terdahulu dapat dengan mudah dan cepat diakses oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun .
  • sebagai media dalam bertransaksi jual beli.
  • sebagai media komunikasi yang efisien. Seperti dapat bertatap muka secara jauh melalui video conference.
  • sebagai media hiburan, seperti bermain game online ,jejaring sosial ,streaming video dll.
  • Sebagai sarana pendidikan dan pengetahuan , seperti E-Learning serta dengan adanya buku digital/e-book yang mudah dan praktis.
  • Pencarian informasi ada/tidaknya lowongan pekerjaan setiap instansi yang memiliki website

Berikut disampaikan juga beberapa kekurangan dari New Media yaitu sebagai berikut:
  • Terbukanya informasi menimbulkan kemungkinan pencurian data pribadi. Hal ini biasa dilakukan hacker dengan tujuan-tujuan tertentu.
  • Virus. Terbukanya arus informasi dan komunikasi juga dapat membawa virus yang berkedok aplikasi dengan mudah menyebar.
  • Rasa ketagihan berlebihan, contohnya pada saat bermain game online atau jejaring social.
·           Dari segi sarana jual beli, banyak didalamnya terjadi penipuan
·         Pada jejaring sosial, banyak digunakan sebagai alat untuk berbuat kejahatan seperti yang telah diberitakan dan ramai saat ini.
·         Pada penggunaan ebook sering terjadi error / didalam ebook terdapat virus
·         Pada video game, tidak baik untuk kesehatan mata jika menggunakannya terlalu over, selain itu kerap terdapat berbagai macam game tidak baik untuk digunakan semua umur, game bertema negatif.
·         Kadang informasi yang kita dapat tidak sesuai atau dapat pula menyesatkan.


Komponen New Media
§  Internet & Web
§  Personal Komputer (PC) / Notebook
§  DVDs (Digital Versatile Disc or Digital Video Disc)
§  VCDs (Compact Discs)
§  Portable Media Player.
§  Mobile Phone.
§  Video Game/ Game Computer.
§  Virtual Reality.
§  Internet atau World Wide Web 
§  Komputer , Notebook , Tablet 
§  VCD , DVD , Flash Disk , Harddisk Eksternal 
§  Portable Media Player 
§  Cloud (Media penyimpanan online) 
§  Dan lain sebagainya 

Komponen dari new media yaitu : Handphone, Internet, dan Komputer. Handphone / Smart Phone dapat dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Smart Phone kita dapat mengakses bebesapa situs jejaring sosial diantaranya Facebook, Twitter, Email, Plurk, Heello, FourSquare, dan lain sebagainya.
 Dengan SmartPhone kita dapat lebih cepat mendapatkan informasi yang kita inginkan atau juga memberikan informasi yang kita dapatkan sesuai dengan kenyataan. Misalkan di situs jejaring Twitter, kita dapat mendapatkan informasi tentang kejadian sekitar dengan memfollow akun yang berhubungan dengan berita yang baru. Internet dijadikan sebagai komponen New Media karena dengan Internet kita dapat mengakses berbagai informasi dimanapun kita berada. Internet memudahkan kita untuk melakukan sebuah interaksi sosial dengan manusia sekitar. Komputer dijadikan sebagai komponen New Media karena computer juga dapat memudahkan kita mendapatkan informasi. Ketiga komponen diatas tidak dapat saling dipisahkan, antara Smart Phone dengan Internetm dan juga Komputer dengan Internet. Ketiganya saling berkaitan dan harus seimbang dalam pemakaiannya.


Konsep, proses dan tahapan pengembangan aplikasi new media yang interaktif  dan menarik

Aplikasi new media ini diciptakan untuk mempermudah manusia dalam melakukan kegiatanya. Baik itu belajar, mengajar maupun dalam kegiatanya yang lain. Di era modern ini tentu kita mengenal berbagai situs/web yang memberikan layanan edukasi yang menarik dan interaktif mungkin salah satu contohnya youtube. Youtube merupakan salah satu new media yang sangat interaktif dan menarik. Di youtube ini kita bisa belajar ataupun memberikan sedikit ilmu kita lewat video yang kita upload, di youtube juga kita bisa mempelajari/mencari ilmu yang menarik secara gratis.

Konsep Desain New Media 
Desain New Media adalah konsep penciptaan informasi dan data pada teknologi komputerisasi,jaringan data digital, teknik komunikasi dan lainnya yang terlibat dengan implementasi terhadap new media. Segala bentuk apa pun yang mampu dimanipulasi, jaringan atau dikompresi dianggap sebagai new media. Konsep umumnya adalah untuk merancang sebuah platform yang memungkinkan partisipasi interaktif informasi dengan pengguna.

Proses Pengembangan Aplikasi New Media :
  • Fase requirement atau penelusuran kebutuhan, pada fase ini kita mencari tahu sebenarnya apa yang dibutuhkan, tujuan dari suatu proyek pengembangan aplikasi, dan seperti apa hasil yang diinginkan.
  • Fase analisa, pada tahapan ini berdasarkan hasil penelusuran kebutuhan maka kita akan memutuskan seperti apa aplikasi yang ingin dibuat, future apa saja yang diperlukan, masalah yang kemungkinan kita hadapi, apa saja yang kita perlukan dalam proses pengembangan,dsb.
  • Fase perancangan, pada tahapan ini kita akan membuat rencana atau rancangan mengenai aplikasi yang akan dibuat berdasarkan hasil analisa sebelumnya.
  • Fase pengembangan , tahapan implementasi hasil dari analisa dan perancangan. Pada tahap ini kita akan menulis kode program sesuai yang telah direncanakan sebelumnya pada fase perancangan. Pada tahapan ini juga dilakukan pengujian terhadap suatu fungsi apakah telah berjalan sesuai yang diinginkan.
  • Fase installasi, setelah memastikan bahwa semua fungsi telah berjalan baik dan telah memenuhi kriteria yang diinginkan pada fase requirement maka aplikasi akan di-setup pada server atau komputer yang akan digunakan untuk menjalankan aplikasi ini.

Tahap Pengembangan Aplikasi New Media :
  • Konsepsi :  Pada tahap ini gambaran mengenai aplikasi yang akan dibuat dibentuk. Gambaran harus dapat menjelaskan poin-poin inti dari aplikasi yang akan dibuat secara umum.
  • Analisa : Pada tahap ini konsep yang dibuat dianalisa secara pemrograman untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan konsep menjadi suatu aplikasi serta alur proses pada aplikasi secara jelas.
  • alur suatu proses dalam berbagai macam kondisi.
  • Keluaran yang diharapkan dari setiap proses.
  • Eror-eror yang mungkin terjadi.
  • Proses-proses yang bersifat kritis dan sensitif.
  • simulasi : Pada tahap ini disimulasikan proses-proses yang akan terjadi pada aplikasi yang akan dibuat. Proses-proses yang disimulasikan melingkupi :
  • Algoritma : Pada tahap ini dibuat algoritma pemrograman yang dapat menerangkan proses-proses secara programatik. Algoritma yang dibuat harus sejalan dengan simulasi yang telah dilakukan.
  • Konstruksi : Pada tahap ini seluruh algoritma yang dibuat diimplementasikan pada level pemrograman.Di sini dibuat produk dari konsep yang dibuat sebelumnya.
  • Evaluasi : Pada tahap ini dicek secara keseluruhan aplikasi yang telah dibuat. Program harus berjalan sesuai dengan yang telah dicanangkan. Apabila ada kesalahan maka harus dicari tahu di bagian mana kesalahan tersebut terjadi dan ulangi kembali pengembangan aplikasi dari tahap tersebut.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar