Senin, 29 Juni 2015

SINOPSIS GAME AI "MATCHES"

             Hmm, postingan saya kali ini akan membahas mengenai Game Modifikasi yang saya buat yang saya berinama "Owlish". Game Owlish  merupakan game modifikasi dari game korek api/ matches. seperti namanya, ikon-ikon serta gambar gambar yang saya pakai pada game ini di adaptasi dari gambar burung hantu-burung hantu lucu. Permainan Owlish ini merupakan sebuah permainan yang menggunakan bahasa pemrograman prolog. Kemudian perangkat lunak yang digunakan sebagai program editornya adalah Strawberry Prolog. Permainan Owlish ini merupakan suatu permainan yang diadaptasi dari permainan matches yang terdapat dalam Strawberry Matches.Permainan  Owlish ini erupakan suatu permainan logika dimana user (pemain) melawan komputer untuk memenangkan permainan ini. 

Game ini melatih dan mengasah otak user untuk berpikir mengenai strategi yang digunakan agar dapat mengalahkan komputer. Pemain harus dapat menerapkan strategi yang tepat untuk memenangkan permainan ini.Initial State yang digunakan sebagai acuan untuk membuat aplikasi Owlish adalah background yang digunakan sebagai papan permainannya dengan ukuran dimensi 950x700. Objek yang digunakan sebagai icon yaitu beberapa gambar burung hantu berukuran dimensi yang berbeda-beda yang berjumlah 12 untuk level easy, 18 untuk level medium, dan 24 untuk level hard. Gambar burung hantu tersebut diubah guna untuk  menggantikan objek korek api pada matches yang sesungguhnya. Pada permainan ini, burung hantu pada setiap level akan bertambah dan bentuknya pun akan berubah. Diberikan  5(lima) pilihan icon yang dapat dipilih sesuai yang pemain sukai, agar pemain tidak bosan melihat icon yang itu-itu saja. 

Rules atau aturan main yang digunakan pada permainan Owlish ini adalah sebagai berikut :
1. Permainan ini diawali dengan memilih level sesuai dengan yang user inginkan. Jika user belum pernah bermain game seperti ini, user disarankan untuk memilih level easy.

2. Setelah itu, user diberikan kebebasan untuk memulai game dengan cara memilih dan meng-klik owl yang tersedia, dan selanjutnya akan diteruskan oleh AI (lawan).

3. Pemain dapat mengambil objek burung hantu sebanyak mungkin dengan syarat burung hantu tersebut masih dalam satu kolom dengan susunan objek burung hantu yang dipilih.

4. Jumlah burung hantu yang diambil dapat ditentukan dengan cara perhitungan dari puncak kolom dan mengklik batas dasar jumlah burung hantu yang berada dibawahnya.

5. AI akan melakukan pembelajaran untuk menghalangi user untuk tidak mencapai Goal (tujuan). AI juga melakukan pembelajaran untuk memenangkan permainan ini guna menyingkirkan user.

6. Goal (tujuan) dari game ini tergantung pada opsi yang dipilih. Apabila memilih opsi “Take the last”, maka pemain akan memengangkan permainan apabila berhasil mengklick icon owl yang terakhir, namun sebaliknya jika tidak memilih opsi “take the last” maka pemain akan memenangkan permainan apabila tidak mengambil icon owl yang terakhir tersisa.

GOALS

              Goal untuk menyelesaikan game Owlish  pada strawberry prolog ini adalah pemain harus terlebih dahulu mengambil objek yang ada dan dalam pengambilan objek tersebut, jumlah objek yang akan diambil tidak dibatasi. Hal yang harus dilakukan adalah membuat lawan(computer) untuk tidak mendahului pemain sebelum pemain melakukan pengambilan objek tersebut. Goal (tujuan) dari game ini tergantung pada opsi yang dipilih. Apabila memilih opsi “Take the last”, maka pemain akan memengangkan permainan apabila berhasil mengklick icon owl yang terakhir, namun sebaliknya jika tidak memilih opsi “take the last” maka pemain akan memenangkan permainan apabila tidak mengambil icon owl yang terakhir tersisa. 


Salis Uswatun Khasanah/56412794/3ia09
Pengantar Teknologi Game

Tidak ada komentar:

Posting Komentar