Selasa, 01 April 2014

Subdomain dari Webscience

  • Pengertian Webscience 
Web Science merupakan salah satu penjabaran dari dua arti yang berbeda, yaitu web dan science. Website atau situs diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
Science adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science itu sendiri merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang mempelajarinya.
     Web Science dapat disimpulkan yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumer yang akurat dan dapat di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi yang ada di informasi yang ingin kita cari, sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi.

  • Pengertian Subdomain
Subdomain adalah bagian dari domain. Subdomain biasanya digunakan sebagai pembagian area dari sebuah website. Misalnya, untuk area utama website kami, digunakan www.idebagus.com dan untuk area pelanggan/anggota digunakan subdomain my.idebagus.com. Dalam contoh tersebut, "www" dan "my" adalah nama subdomain.

Resource Description Framework | RDF

Resource Description Framework ( Rdf ) adalah suatu kerangka kerja umum untuk bagaimana menggambarkan setiap sumber daya Internet seperti situs web dan isinya. Deskripsi RDF ( deskripsi seperti yang sering disebut sebagai metadata / deskripsi meta ) dapat mencakup penulisan tanggal, sumber daya penciptaan atau pembaharuan, organisasi halaman di situs (sitemap), informasi yang menggambarkan isi dalam hal penonton atau rating konten, kata kunci untuk pengumpulan data mesin pencari, kategori subjek, dan sebagainya. RDF akan memungkinkan bagi setiap orang untuk berbagi di dalam situs Web dan deskripsi lain yang lebih mudah serta para pengembang perangkat lunak untuk membangun produk yang dapat menggunakan metadata untuk menyediakan mesin pencari dan direktori yang lebih baik, untuk bertindak sebagai agen cerdas, dan memberikan para pengguna Web lebih mengendalikan apa yang mereka lihat. RDF adalah sebuah aplikasi dari teknologi lain, Extensible Markup Language ( XML ), dan sedang dikembangkan di bawah naungan World Wide Web Consortium ( W3C ).

Sejumlah metadata tertentu sudah disediakan untuk sumber daya situs Web dengan menggunakan Hypertext Markup Language ( HTMLl ). Sebagai contoh, ketika kita menulis halaman ini, kami menambahkan pernyataan Html yang berisi kata-kata kunci yang menggambarkan isi dari definisi ini dan yang digunakan oleh mesin pencari untuk meng-indeks-nya. Kami juga menambahkan deskripsi satu kalimat yang dapat ditampilkan oleh pencarian pada mesin pencari (Pernyataan-pernyataan ini, yang disebut dengan Meta tag, tapi tidak terlihat untuk Anda, kecuali Anda mengklik pada halaman ini dan kemudian meng-klik kanan pada “Lihat sumber”). Ini hanya beberapa contoh dari banyak deskripsi sumber daya yang mungkin ada dan masa depan diperlukan tentang sumber daya web.

Manfaat Resource Description Framework ( RDF )

Berikut adalah manfaat dari Manfaat Resource Description Framework ( RDF ) :

Dengan menyediakan kerangka kerja yang konsisten, RDF akan mendorong pemberian metadata tentang sumber daya Internet.
Karena RDF juga mencakup standar sintaks untuk menggambarkan dan query data, maka perangkat lunak yang memanfaatkan metadata akan lebih mudah menjalankanya dan lebih cepat untuk menghasilkannya.
Standarisasi sintaks dan kemampuan permintaan akan memungkinkan aplikasi untuk bertukar informasi dengan lebih mudah.
Mesin pencari akan mendapatkan hasil yang lebih tepat dari pencarian, berdasarkan metadata bukan pada indeks yang berasal dari pengumpulan teks lengkap.
Para pengembang perangkat lunak akan memiliki data yang lebih tepat untuk bekerja dengan lebih cerdas.
Cara Kerja Resource Description Framework ( RDF )

Sebuah sumber daya Internet didefinisikan sebagai semua sumber daya dengan Uniform Resource Identifier ( Uri ). Ini termasuk Uniform Resource Locators ( Url ) yang mengidentifikasi seluruh situs Web serta halaman Web tertentu. Seperti tag Meta pada Html saat ini , laporan deskripsi RDF, terbungkus sebagai bagian dari bagian XML, dapat dimasukkan dalam halaman web ( yaitu, file  HTML ) atau bisa dalam file yang terpisah.

Resource Description Framework ( RDF ) sekarang menjadi Rekomendasi W3C secara formal, artinya sudah siap untuk digunakan secara umum. Saat ini, rekomendasi W3C kedua, masih pada tahap Proposal, dengan mengusulkan suatu sistem di mana deskripsi yang terkait dengan tujuan tertentu (misalnya, semua deskripsi terkait dengan keamanan dan privasi) akan merupakan kelas deskripsi tersebut ( menggunakan kelas saat ini seperti yang digunakan dalam pemrograman yang berorientasi pada objek pemodelan data dan pemrograman). Kelas seperti itu bisa masukan ke dalam skema atau hirarki kelas, dengan subclass dari kelas yang dapat mewarisi deskripsi dari seluruh kelas. Skema usulan kelas akan menghemat pengulangan deskripsi karena referensi tunggal untuk kelas dengan deskripsi RDF adalah pada bagian tertentu sudah mencukupi. Skema atau deskripsi dari koleksi kelas bisa dengan sendirinya ditulis kedalam bahasa Resource Description Framework.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar