Jumat, 25 Maret 2016

Review Beauty E-Commerce Sociolla.com

Website E-Commerce Sociolla.com.
Dipostingan kali ini saya akan mereview salah satu website e-commerce untuk berbelanja dengan aman berbagai makeup branded di situs sociolla.com. Bagi anda salah satu pencinta makeup dan gemar berbelanja online? Anda yang gemar makeup pastinya menyadari kurangnya kelengkapan dari produk makeup yang ditawarkan di setiap toko online di Indonesia. Namun, saat ini anda tak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri untuk mencari produk make-up yang diinginkan karena Sociolla menyediakan berbagai jenis produk kecantikan yang lengkap mulai dari produk lokal sampai produk high-end.

*      Pengenalan
Sociolla telah hadir sejak Maret 2015 serta berkomitmen untuk menjadi destinasi belanja terlengkap dan terdepan. Sociolla adalah Beauty e-commerce baru yang menawarkan berbagai produk kecantikan dari berbagai brand untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis produk seperti rangkaian perawatan kulit, make up, perawatan rambut, perawatan tubuh, alat-alat kecantikan serta wewangian.
Sociolla bekerja sama dengan distributor resmi dan pemilik brand. Maka dari itulah Sociolla dipercaya sebagai brand partner resmi lebih dari 100 brand dengan kurang lebih 3000 produk. Beberapa di antaranya adalah Elizabeth Arden, Laneige, Glam Glow, Gurlein, NYX, Bourjois dan SK-II. Selain itu, beberapa brand seperti Menard, BVLGARI, Philosophy, Lancaster hingga L'Occitane mempercayakan jalur distribusi online mereka pada Sociolla.
Kelengkapan dan keaslian dari produk yang ditawarkan menjadi hal yang paling dijunjung tinggi oleh Sociolla. Tidak hanya menawarkan pengalaman berbelanja yang nyaman, beauty online ini dilengkapi jaringan sosial media dengan informasi lengkap dan sebuah media informasi terkurasi yaitu Beauty Journal yang memuat berbagai artikel kecantikan, tutorial make up, rekomendasi tempat, fakta-fakta kecantikan dan masih banyak lagi informasi yang akan menjawab kebutuhan perempuan mengenai kecantikan.

*      Fitur
Pencarian Barang
Dalam mencari produk yang ingin dibeli, sociolla menggunakan 3 metode pencarian yaitu pencarian dengan kata kunci, pencarian dengan kategori masing-masing jenis produk seperti makeup, skin care, hair care, dll. Dan pencarian berdasarkan kategori brand. Pada pencarian dengan kata kunci calon pembeli tinggal mencari produk apa yang diinginkan dengan mengetikkan nama produk di kolom pencarian, kemudian system akan menampilkan produk yang berelasi atau berhubungan dengan kata kunci tersebut. Sedangkan dengan kategori, calon pembeli saat memilih calon pembeli hanya tinggal memilih kategori yang sudah disediakan dan memilih produk sesuai dengan kategori pilihan.
*      Pilihan pendaftaran
Untuk berbelanja produk di sociolla.com, buyer harus memiliki akun sociolla terlebih dahulu dengan mengisi form verifikasi keanggotan menggunakan akun email yang aktif, dan sudah langsung bisa berbelanja di sociolla.com. Dengan mendaftar akun, buyer akan otomatis terdaftar sebagai member baru. Member di Sociolla disebut Beauty Clique dan ada tiga level: Pink Clique(member regular), Golden Clique(pembelanjaan selama setahun mencapai 6.000.000 IDR) dan Diamond Clique (pembelanjaan selama setahun mencapai 12.000.000 IDR). Untuk kategori tertinggi yaitu diamond, para anggota akan mendapatkan keuntungan premium seperti menghadiri acara-acara spesial yang diselenggrakan oleh Sociolla dan brand partner, memiliki kesempatan untuk menghadiri beauty class, menerima hadiah ulang tahun yang spesial serta pengiriman ekspres untuk pembelian produk apapun. Benefitnya tentu saja berbeda, bisa dilihat di tabBeauty Clique di webnya.
*      Cara pembayaran dan pengiriman
Pelayanan eksklusif bagi para pelanggan juga menjadi hal penting lain yang dijunjung tinggi oleh pihak sociolla. Berbagai macam pembayaran ditawarkan. Mulai dari transfer via bank, kartu kredit, hingga pembayaran di tempat. Untuk pembayaran produk di sociolla setelah melakukan transfer, tidak perlu membuka website melakukan konfirmasi pembayaran, karena system pada sociolla sudah otomatis mengkonfirmasi dan sociolla memberikan waktu tenggang pembayaran transfer lebih lama dari online shop kebanyakan, dengan masa tenggang transfernya maksimal 2 hari.
Untuk pengiriman, bagi Anda yang berdomisili di Jakarta dan berbelanja di Sociolla, produk Anda akan diantarkan oleh kurir khusus dari Sociolla. Ini sebagai salah satu cara untuk menjaga keutuhan dan keamanan produk Anda. Yang lebih menarik dari Sociolla, kurir yang mengantarkan belanjaan Anda memiliki seragam khusus. Untuk area Jakarta, pengiriman barang dilakukan oleh kurir resmi dari Sociolla. Motor dengan box pink muda dan biker yang pakai jas rapi lengkap berdasi.
*      Cara mengakses
Untuk saat ini Sociolla hanya bisa diakses melalu website karena belum tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa di download di Google Play untuk Android dan App Store untuk IOS. Namun hal ini tidak mempersulit buyer yang ingin membeli Make Up dan Skin Care melalui mobile gadget. Selain itu Sephora.co.id memiliki beberapa media sosial seperti facebook, twitter, serta Instagram sehingga buyers bisa selalu update dengan berita maupun promo terbaru yang ditawarkan.
*      Promo
Sebagai strategi pasar, untuk menarik minat beli calon pembeli sociolla sering mengadakan berbagai promo-promo menarik seperti: diskon, free ongkir untuk minimal pembelanjaan 200.000,-. Sebagai reward bagi pembeli yang baru bergabung dengan membuat akun di Sociolla dan juga berlangganan newsletternya, sociolla memberikan voucher sebesar Rp.80.000 yang bisa digunakan saat pembelian pertama (penggunaan untuk minimal pembelanjaan 300.000 IDR). Tapi voucher tersebut memiliki batas waktu yang hanya berlaku selama 1 bulan sejak kita berlangganan newsletter.
Sociolla juga menawarkan sistem 'Beauty Points' yang dapat dikumpulkan setelah berbelanja dalam kelipatan Rp 50.000 dan bisa di-redeem agar pembelanjaan selanjutnya mendapat potongan. Jika buyer memberikan review terhadap produk yang sudah dibelinya, buyer bias mendapatkan 20 beauty point (dengan ketentuan review-nya di accept oleh admin).

*      Dampak perilaku sosial
Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi canggih zaman sekarang dapat membawa berbagai pengaruh terhadap para penggunanya, terutama teknologi internet, baik dampak positif maupun dampak negative yang ditimbulkan. Sebagai salah satu website penjualan Make Up dan Skin Care terkenal, situs sociolla.com pun menimbulkan dampak tersendiri di tengah-tengah penggunanya.
§  Dampak positif:
1.  Proses pembelian barang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah
Membeli barang secara online memang memiiki keuntungan tersendiri dibanding belanja di tempatnya secara langsung. Dengan membeli produk secara online, proses pembelian akan dilakukan secara mudah dan singkat. Kita hanya perlu mencari produk yang diinginkan, memasukkan ke tas belanja, dan terakhir melakukan pembayaran via COD maupun transfer melalui ATM.

2. Dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai produk-produk yang sedang update/trend
Keuntungan lain berbelanja di Zalora adalah kita dapat mengetahui secara pasti produk-produk yang sedang up-to-date disebabkan Zalora akan mengirimi kita informasi tentang produk-produk terbaru mereka hanya dengan melalui e-mail. Hal tersebut tentunya akan mempermudah para customer yang tidak mempunyai waktu untuk menjelajah situ tersebut. Mereka hanya cukup membuka inbox di e-mail, dan mereka pun akan tahu produk apa saja yang sedang trend.

3.Mempermudah komunikasi antara penjual dan pembeli tanpa memerhatikan batasan antara jarak dan waktu
Membeli secara online tentunya akan berdampak langsung dari segi jarak dan waktu. Sebab, kita dapat berbelanja kapan pun dan dimana pun kita mau asal kan terdapat media internet yang menghubungkan. Tentunya ini akan sangat bermanfaat bagi mereka (para customer) yang terlau sibuk hinggs tidak mempunyai waktu untuk berbelanja langsung ke tempatnya. Mereka hanya tinggal duduk depan laptop/gadget mereka, pembelian produk pun dapat terjadi dengan proses yang singkat.

§  Dampak negatif:
Selain berbagai keuntungan yang disediakan, adakalanya suatu situs penjualan online juga memiliki dampak negative. Dampak negative tersebut dapat berupa :
1. Terikatnya interaksi dalam dunia maya yang dapat mengubah pola interaksi seseorang
Interaksi dengan orang lain merupakan hal yang penting dalam sebuah komunikasi. Namun, berbelanja online seperti ini dapat mengubah pola interaksi seseorang. Mereka yang tadinya biasa berbelanja di toko langsung dengan berinteraksi dengan para pelayan, dapat berubah menjadi pribadi yang dapat dikatakan tertutup jika sudah terbiasa belanja online. Hal ini juga menyebaban berkurangnya sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu langsung.
2.  Dapat menimbulkan budaya konsumtif
Dengan berbagai kemudahan yang disediakan dalam beerbelanja online, dapat menimbulkan budaya konsumtif bagi para pelanggan. Mereka yang sudah terbiasa belanja online akan berpikir dan menganggap bahwa berbelanja online jauh lebih menghemat biaya, maka dari situlah mereka akan terus dan terus membeli barang secara online.
3. Kekurangpuasan pelanggan jika barang yang didapat tidak sesuai dengan gambar
Hal ini merupakan sebuah dampak negative yang dirasa akan membuat seoarang pelanggan menjadi tidak betah untuk berbelanja di situs tersebut. Ketika barang yang dibeli sudah sampai di tempat tujuan, ternyata barang tersebut jauh dari ekspektasi mereka -misalnya saja seperti ukuran sepatu yang kebesaran atau kecacatan bahan dan warna pakaian- Maka mereka pun akan merasa tidak puas bahkan kapok untuk berbelanja online.
*      Dampak perilaku ekonomi (dari sisi pengguna dan pengelola)
Belanja online juga dapat menimbulkan dampak ekonomi tersendiri, baik dari sisi pengguna maupun pengelola. Dari sisi pengguna (pembeli), tentunya akan sangat berpengaruh terhadap biaya. Sebab, biaya yang keluar akan seminimal mungkin. Customers yang berbelanja online tidak akan merogoh kroscek yang lebih besar. Misalnya saja dari segi transportasi. Tentunya seseorang akan mengeluarkan biaya lebih jika ia ingin berbelanja langsung di toko langsung karena mereka harus mengeluarkan lagi biaya untuk sampai di tempat tujuan yang dinamakan biaya transportasi. Tetapi tidak jika berbelanja online. Mereka justru dapat menghemat pengeluaran biaya trasnportasi. Di sisi lain, yaitu sisi pengelola (penjual). Dari sisi pengelola, seseorang akan lebih mudah untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang dan jasa via online.

*      Apa yang membuat sociolla lebih menarik dibanding beauty e-commerce lainnya?
1. THE PRODUCTS
http://2.bp.blogspot.com/-WHS8d_n_dDY/VhqDqZfQHlI/AAAAAAAAC5g/eSLa7i1ad88/s640/DSC_0047.jpg

Ø  Semua barang yang dijual di Sociolla dijamin 100% asli!. Ini sangat penting. Sociolla sendiri berani mengklaim bahwa kualitas dan keaslian produk itu adalah hal yang utama dan mutlak bagi mereka. Makanya semua barang yang dijual di sana pasti berasal dari distributor resmi atau pemilik brand langsung.
Ø  Barang dan harga yang mereka tawarkan pun sangat beragam

2. THE PACKAGING
Setiap kali buyer memesan produk di Sociolla, produk pesanan kita akan dikirim dalam kemasan box berwarna pink. Packagingnya sangat menarik dan safe safe karena setelah dibungkus menggunakan bubble wrap dan dimasukkan ke dalam kotak yang dalamnya juga udah dikasih ‘bantalan’ sedemikian rupa, dan kotak ini juga masih akan disegel di dalam plastik yang tight.

3. THE DELIVERY MAN AND TIME
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjVpLOATGX_CqxiWOobhwcYb0Xd57RUgfDGPw0pqV20GNcCJs1g2wYHXgOlhJGJXbguUvFhawJqOjzGCtO0vEdSrtz2-nYs2b-5PVJFFYkt4M9shPjJmpS8Frq1lvcbyN8SV5n40h_xgTw/s640/blogger-image--709894959.jpg
Nah ini juga satu hal yang sangat unik yang tidak dimliki online shop lainnya, Sociolla benar-benar ingin memberikan premium shopping experience untuk para pembelinya. Barang yang dipesan oleh buyer sebisa mungkin akan diantar langsung oleh kurir Sociolla yang akan datang lengkap dengan menggunakan jas, kemeja pink, dan naik motor dengan pink delivery box. Karena sebisa mungkin nganterin produk langsung pake kurir mereka, oleh karenanya barang yang dipesan pun akan lebih cepat sampai. Dan yang menarik setiap pembelanjaan minimum Rp. 200.000,- Sociolla memberikan fasilitas free ongkir sampai batas dan waktu tertentu ke seluruh Indonesia.

4. THE WEBSITE
Yang juga menarik dari sociolla ini adalah website-nya yang simple, jelas, dan terorganisir dengan baik, sehingga memudahkan calon pembeli dalam melihat-lihat produk yang diinginkan. Masing-masing produknya diorganisir berdasrkan jenis dan kategorinya masing-masing. Di msing-masing produk terdapat gambar produk, keterangan lengkap berupa penjelasan produk, spesifikasi produk, cara penggunaan, dan beberapa review dari pengguna yang mengomentari produk tersebut. Web ini juga dilengkapi dengan online help yang menyediakan kolom chat/obrolan jika kita membutuhkan bantuan.
5. THE BEAUTY JOURNAL
Hal yang unik lainnya dari sociolla yaitu Beauty Journal. Beauty journal menyedikan berbagai macam informasi yang informatif. Selain ada banyak artikel kecantikan, beauty trend, fakta-fakta kecantikan, dan berbagai tutorial, informasi dan tips makeup, mereka juga ngasih rekomendasi tempat-tempat yang berhubungan dengan kecantikan.

Sumber:

http://www.sociolla.com/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar